You are currently viewing Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar
Suasana hati yang baik hari ini disponsori oleh kopi

Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

adalah system penyelenggaraan Pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti Pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan Pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.
Tercantum dalam Undang-Undang 1945 yang menyebutkan bahwa setiap anak berhak mendapatkan Pendidikan secara adil dan merata. Dalam Undang-Undang Dasar pasal 32 ayat (1) yang menegaskan, “setiap warga berhak mendapatkan Pendidikan”. Dan juga pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 5 ayat (1) yang menegaskan, “setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh Pendidikan yang bermutu”.
Oleh karena itu, setiap orang yang ikut serta dalam kegiatan pembelajaran, baik itu pengajar maupun peserta didik diharapkan untuk tidak membeda-bedakan latar belakang keadaan orang lain. Secara khusus, anak berkebutuhan khusus (ABK) ini mempunyai tempat belajar tersendiri yang sering disebut sebagai SLB ( Luar Biasa). Tetapi jika anak berkebutuhan khusus ini di tempatkan di Sekolah Luar Biasa tersebut, maka mereka juga tidak akan berkembang.
Maka diharapkan mereka yang berkebutuhan khusus ini dapat dipersatukan dengan mereka-mereka para peserta didik pada umumnya. Salah satu kegunaannya adalah agar mereka juga dapat memperoleh Pendidikan yang sama dengan mereka yang non ABK. Peran guru pengajar atau guru pembimbing juga sangat diperlukan untuk kondisi ini. Karena kelebihan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus ini, maka mereka diperbolehkan mempunyai guru pembimbing masing-masing untuk mendampingi mereka selama berkegiatan di sekolah.
Setiap anak yang berkebutuhan khusus tentunya berhak untuk mendapatkan Pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan kemampuan mereka. Dengan ini juga sudah tentu diperlukan guru yang mampu memahami serta mengetahui tentang keadaan peserta didik yang memiliki kelebihan khusus ini. Hambatan yang paling jelas dalam menyatukan anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan siswa pada umumnya di sekolah adalah kurangnya pemahaman yang dimiliki oleh pengajar tentang bagaimana harus mengajar dengan satu kurikulum yang sama. Karena sudah pasti bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), mereka tidak secepat atau setanggap teman kelasnya yang lain. Oleh sebab itu, dapat diperkirakan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas tidak akan berjalan dengan baik.
Anak-anak yang tergolong sebagai anak berkebutuhan khusus diantaranya adalah; anak lambat belajar, anak dengan gangguan fisik dan motoric, anak yang mengalami kesulitan belajar, anak dengan gangguan autis, anak dengan gangguan intelektual, anak dengan gangguan emosi dan perilaku. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut; kontak mata tidak focus pada apa yang sedang disampaikan oleh guru, lebih suka menyendiri dibandingkan bergaul dengan teman sebaya, emosional, dan juga kesulitan berkomunikasi.
Memang tidak mudah untuk menyatukan anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan anak non ABK di satu lingkungan Pendidikan yang sama. Tetapi jika mereka -anak berkebutuhan khusus- hanya dibiarkan di Sekolah Luar Biasa, maka mereka tidak akan merasakan mendapat Pendidikan yang sama rata dengan anak non ABK. Sedangkan dalam Undang-Undang Negara dan Undang-Undang Pemerintah jelas sudah ditegaskan bahwa setiap anak berhak mendapatkan Pendidikan yang sama, yaitu Pendidikan yang bermutu. Adanya Pendidikan Inklusi sebagai penyelanggara kegiatan yang menyertakan anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan anak non ABK ini telah membuahkan hasil yang baik. Karena ternyata banyak dampak positif atau manfaat yang terlihat bagi kehidupan anak berkebutuhan khusus (ABK) maupun non ABK.

Karya: Rifdah Fadhilah

Judul: Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Asal: H.2010982/Universitas djuanda

wisatakopi
Author: wisatakopi

This Post Has 10 Comments

  1. Registrera dig

    Can you be more specific about the content of your article? After reading it, I still have some doubts. Hope you can help me.

  2. Referal Binance

    I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

  3. Can you be more specific about the content of your article? After reading it, I still have some doubts. Hope you can help me.

  4. Stephane Uliano

    Thanks for another fantastic article. Where else could anyone get that kind of information in such an ideal way of writing? I’ve a presentation next week, and I am on the look for such information.

  5. What i do not realize is in fact how you are not really much more neatly-liked than you might be right now. You’re very intelligent. You realize thus significantly with regards to this subject, produced me individually believe it from numerous numerous angles. Its like women and men don’t seem to be interested unless it is something to accomplish with Woman gaga! Your own stuffs great. All the time maintain it up!

  6. cellucare review

    Good website! I really love how it is simple on my eyes and the data are well written. I am wondering how I could be notified when a new post has been made. I have subscribed to your RSS feed which must do the trick! Have a nice day!

  7. prostadine

    you have a great blog here! would you like to make some invite posts on my blog?

  8. The Money Wave

    It’s really a cool and useful piece of information. I am satisfied that you just shared this useful info with us. Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  9. provadent

    F*ckin’ tremendous issues here. I’m very happy to look your article. Thanks a lot and i’m looking ahead to contact you. Will you kindly drop me a e-mail?

Leave a Reply