You are currently viewing Inklusif Banyak Positif

Inklusif Banyak Positif

Hallo

Assalaamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Saya Afifah Khoiri Rahmani (H.2010930) dari kelas PGSD B (DU)

menurut saya adalah suatu kondisi atau manusia yang membutuhkan ruang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Inklusif dapat disebut juga sebagai “keterbatasan”. Namun apakah manusia lepas dari keterbatasan? Tentu setiap manusia memiliki batas.

Dan siapakah manusia yang disebut “sempurna” ? Karena tidak ada manusia yang sempurna, semua memiliki kekurangan.

Tidak perlu mengasihani namun yang diperlukan adalah saling menghargai dan menghormati.

Keterbukaan kelompok masyarakat untuk toleransi dan menghargai, salah satu contoh kecilnya yaitu tidak membeda-bedakan teman.

Adanya usaha menempatkan diri dalam memahami pandangan suatu hal, jadi harus menghargai cara pandang seseorang terhadap sebuah perbedaan.

Inklusif diserap dari bahasa Inggris ‘inclusion’ yang memiliki arti mengajak masuk atau mengikutsertakan golongan lain yang beragam. Mengutip Dinar Westri Andini dan kawan-kawan dalam buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar, pengertian inklusif digunakan sebagai suatu pendekatan untuk membangun dan mengembangkan lingkungan yang terbuka bagi semua orang dengan berbagai latar belakang.

Perbedaan latar belakang tersebut mencakup karakteristik, kemampuan, status, kondisi, etnik, budaya, ekonomi, dan sebagainya. Inklusif berarti membuka kesempatan yang sama bagi semua orang tersebut untuk mendapatkan hak dan menjalankan kewajiban secara setara.

Dalam dunia pendidikan, istilah pendidikan inklusif merujuk pada penyatuan anak-anak penyandang jenis hambatan tertentu atau berkelainan dalam program pendidikan formal. Tujuannya agar anak-anak berkebutuhan khusus ini mendapatkan pendidikan yang sama seperti anak-anak normal.

Istilah inklusif juga digunakan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Masyarakat yang inklusif adalah masyarakat yang mampu menerima berbagai bentuk keberagaman dan keberadaan. Mengutip situs Dinsos Kabupaten Buleleng, keberagaman dan keberbedaan itu diakomodasi ke dalam berbagai tatanan maupun infrastruktur yang ada dalam kehidupan sosial.

Sementara itu, inklusivitas adalah sebuah pengakuan dan penghargaan atas keberadaan atau eksistensi keberbedaan dan keberagaman. Sebagai contoh penyandang disabilitas atau orang berkebutuhan khusus harus diperlakukan secara setara, tidak diskriminatif dan semena-mena, serta mendapatkan penghormatan dan penghargaan.

Menurut KBBI Inklusif artinya termasuk, terhitung.

Berarti semua orang itu termasuk & tidak ada yang tertinggal, jadi semua tidak ada yang merasa bahwa ia tidak dianggap.

Mungkin ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar kita dapat memahami inklusif dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat dirangkum dengan kata SEED

1. *Sadari* bahwa setiap manusia tidak lepas dari kekurangan

2. *Edukasi* diri secara terus menerus agar tidak salah dalam menyikapi suatu hal

3. *Empati* karena proses manusia itu berbeda-beda

4. *Diam* jangan biarkan diri untuk diam. Mungkin dengan diam kita ada hak orang lain yang terlanggar atau pengetahuan yang tidak tersampaikan.

Perlu adanya penyesuaian kebutuhan pelayanan tambahan, treatment atau terapi untuk mempersiapkan keadaan lebih baik.

Dilingkungan sekolah penggabungan antara siswa biasa dengan anak inklusif, tetapi menyesuaikan kebutuhan, biasanya anak inklusif treatment nya lebih khusus.

Tidak perlu khawatir tentang kehidupan, mereka tetap menjalani hidup setelah menerima diagnosa karena nyatanya matahari tetap bersinar dengan indah.

Tidak perlu mengelu-elukan kapasitas atau pencapaian, karena setiap manusia memiliki pencapaian masing-masing

Tidak perlu juga menekankan kekurangan, karena setiap manusia memiliki kekurangan.

Mereka berbeda, kita pun berbeda. Setiap manusia berbeda, bahkan sidik jari setiap manusia pun berbeda. Jadi seharusnya tidak boleh dibedakan dalam hak nya.

Mari pandang setiap manusia memiliki bentuk keragaman bukan suatu penyakit.

Sekian, terimakasih

Karya: Afifah Khoiri Rahmani

Judul: Inklusif Banyak Positif

Asal: Bogor

wisatakopi
Author: wisatakopi

This Post Has One Comment

  1. binance

    Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

Leave a Reply